Ibadah Haji, adalah salah satu ibadah yang masuk padarukun islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Ibadah haji adalah ibadah tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin seluruh dunia yang telah mampu secara fisik, materi dan keilmuan.

Nah untuk ibadah haji ke tanah suci tentu para jemaah haji harus memiliki visa yang resmi. Ada 3 jenis visa yang bisa didapatkan jemaah haji yakni melalui kuota reguler, kuota haji khusus, atau kuota mujamalah.

kabah , Mekah
Photo by Adli Wahid on Unsplash

Visa Haji Reguler

Adalah visa haji yang dikeluarkan atau diberikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama, yang mana kuota 231 ribu orang di tahun 2019 dan akan ditambah 10% dari kuota cadangan pada tahun 2020 yang semula 5% pada 2019.

Untuk berangkat dan mendapatkan visa reguler yaitu dengan mendaftar ke bank yang ditunjuk pemerintah dan membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Dengan cara ini calon jamaah Haji akan diberi nomor proxy haji. Kekurangan dari cara ini yaitu Calon jamaah melalui kuota reguler bisa mengantre sampai 20 tahun.

Visa Haji Khusus

Visa Haji khusus visa haji yang jumlahnya 8 persen dari kuota reguler atau sekitar 18-19 ribu orang. Calon jamaah dari kuota haji khusus akan mendaftar melalui travel agent. Calon jamaah dengan cara ini bisa berangkat lebih cepat yaitu maksimal menunggu 6 tahun. Perlu diketahuai bahwa visa untuk reguler dan khusus ini adalah gratis dan diurus oleh pemerintah atau travel agen, Jadi jamaah tinggal menunggu saja visa keluar tanpa repot-repot.

Visa Kuota Haji Mujamalah

Visa kuota haji mujamalah yaitu menggunakan visa khusus yang diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi. Siapapun boleh mendapatkan kuota tersebut di mana pengaturannya dilakukan oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) sebagaimana diatur dalam UU nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Beda dengan visa haji reguler dan khusus, visa haji mujamalah tidak gratis alis harus membayar dan biayaya perjalanan hajinya pun lebih mahal.

kelebihan dari kuota mujamalah ini adalah jammah bisa berangkat pada tahun yang sama asalkan setuju dengan biaya yang telah ditetapkan untuk perjalanan dan visanya.

Tips untuk para jamaah haji sebaiknya hati-hati dengan iming-iming visa murah tetapi ternyata bukan untuk visa haji tapi non haji. Banyak sekali oknum-oknum yang menawarkan visa murah tetapi yang didapatkan bisa jadi visa ziarah atau visa bekerja.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *